Sabtu, 17 Oktober 2009

MANFAAT OLAHRAGA

MANFAAT OLAHRAGA

Olahraga dalam arti kata, mengolah Raga atau mengolah Tubuh.
Sehingga timbul pertanyaan, “tu’ apa raga diolah?” mana gue tau., he he he….
Sabar ya.. saya beritau dulu apa tu olahraga…
Olahraga adalah suatu bentuk kegiatan yang melibatakan raga atau tubuh guna memperoleh tujuan tertentu yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.
Jadi klo olahraganya ketika ingat, klo di ajak ma doi aja, tu bukan olahraga namanya…
Trus apa dunk…? “Olah doi” he he he
Setiap orang berolahraga pasti da tujunnya… ya kan ?
Seperti halnya saya... saya berolahraga karna saya kuliah di Fakultas Ilmu Keolahragan…he he he. g’ tu X. pasti adlah.. want to know aja..
Dan bagi orang yg kelebihan BB, olahraga supaya….. ….tau kan..?
Pada dasarnya olahraga dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu:
• Olahraga Pendidkan
• Olahraga Kesehatan
• Olahraga Rekreasi
• Olahraga Prestasi
1. Olahraga Pendidikan
Dinamakan olahraga pendidikan karena dalam olahraga mengandung nilai-nilai Pendidikan seperti Disiplin, Bertangung jawab, jujur, taat aturan, dll. Dengan alasan ini lah olahraga dimasukan dalam kurikulim pendidikan, guna menunjang berhasilnya suatu proses pendidikan dalam lingkungan sekolah.
2. Olahraga Kesehatan
Sehat = tidak sakit atau terhindar dari penyakit (Ilmu kedokteran), dalam dunia olahraga dikenal dengan “bugar”. Sehat sangat jauh berbeda dengan bugar atau yang lebih dikenal dengan kesegaran jasmani .
Bugar atau jasmani yang segar adalah kemampuan tubuh seseorang dalam melakukan pekerjan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.
Jadi klo sering merasa lelah yang tak wajar maka dalam ilmu olahraga tidak bisa dikatakan sehat walau pun terhindar dari penyakit.
Kesegaran jasmani terdiri dari beberapa komponen:
• Daya tahan kardiovaskuler ( cardiovaskuler endurance)
• Daya tahan otot (muscle endurance)
• Kekuatan otot ( muscle strength)
• Kelentukan ( Flexibility )
• Komposisi tubuh ( Body composition )
• Kecepatan gerak (Speed of movement )
• Kelincahan (Agility )
• Keseimbangan ( Balance )
• Kecepatan reaksi ( Reaction time )
• Koordinasi ( Coordination )
“Klo da waktu insyaAllah akan saya jelaskan satu per satu….”
Adapun tujuan olahraga dalam kesehatan adalah
• Peningkatan , Dengan olahraga akan mampu meningkatkan kualitas kesehatan
• Pencegahan, Olahraga mampu meningkatkan sitem imon dalam tubuh sehinga dapat terhindar dari penyakit
• Pengobatan
Dengan berolahraga akan memperlancar aliran darah dan akan memperbaiki sitem sayaf. Sehinga penyakit yang berkaitan dengan dangan itu beransur – ansur membaik.
• Pemulihan,
Penyandang cacat,kerusakan otak,tuna rungu,epilepsi dll membutuhkan olahraga yang sesuai dengan keadaan yang di penderita,apabila penyandang cacat ini tidak melakukan olahraga maka cacatnya akan bertambah karena terjadi kekurangan gerak, otak menjadi lemah sehingga mudah timbul penyakit-penyakit, jantung ,ginjal, saluran darah,dll selain itu olahraga bagi penyandang cacat juga sangat di perlukan untuk menghilangkan anggapan masyarakat bahwa mereka tidak mampu berbuat apa-apa.
3. Olahraga Rekreasi
Rekreasi, dari bahasa Latin, re-creare, yang secara harfiah berarti 'membuat ulang', olahrga rekreasi adalah suatu kegiatan olahrga yang dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani dan rohani seseorang.
Jadi olahraga mampu menyegarkan kembali jasmani dan rohani.

Adapun fungsi olalahraga ditinjau dari beberapa aspek:
Aspek Neuoromuskuler
• Meningkatkan keharmonisan fungsi saraf dan otot
• Mengembangkan gerak dasar motorik, seperti berjalan, meloompat, berlari dll.
• Mengembangkan komponen dasar kondisi fisik.atau kesegaran jasmani.
Aspek kognitif
• Mengembangkan kemampuan dalam menemukan sesuatu, memahami,dan mengambil keputusan
• Meningkatkan pemahaman bagaimana fungsi tubuh dan hubungannya dengan aktifitas jasmani.
Aspek social
• Mampu menyesuaikan diri di mana pun berada
• Mudah bergaul
• Belajar komunikasi dengan orang lain
• Mengembangkan rasa tanggung jawab dalam hidup bermasyarakat
Dah tau kan sekarang manfaatnya…..? jadi jangan di tunda lagi!!!!
Olahraga yang teratur ya..!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar